Senin, 07 Oktober 2013

VEKTOR VERSUS BITMAP

Posted by Unknown On 22.39
TUGAS II


Hai sobat, kali ini kita akan mengajak sobat sekalian mengenal Si Desain Grafis. Yang biasa mampang di dindingtetangga itu lho(baca: seni grafis).. nah, ingetkan? tapi kali ini kita akan menelusuri lebih jauhtentang grafis, mulai dari tempat asal, kapan ia lahir, sampai ke akarnya... Hohoi.. kuupas!

Kata grafis menurut bahasa
       Grafis dari bahasa Inggris "Graphic" adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.    Dalam Bahasa Indonesia, kata "Grafis" sering dikaitkan dengan Seni Grafis (Printmaking) dan Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual.  Grafis merupakan informasi verbal yang menggugakan gambar untuk menunjukkan informasinya.
Sejarah singkat desain grafis
Kata tertulis pertama dari umat manusia adalah awal dari Desain Grafis Dan kampung itu tak gua kemudian kuno lainnya dan gua-gua Simbol pertama mereka melalui sketsa gambar gua lukisan tanda-tanda pada batu-batu tulang dan gading adalah indikasi terkemuka dan bukti di mana desain grafis lahir dirawat dipelihara dan tumbuh Namun demikian Desain Grafis jangka disebut oleh emWilliam Addison Dwiggins/em di awal abad ke 1.
Antropolog mempelajari periode prasejarah di lukisan gua membawa kita lebih awal dari masa Paleolitik Atas dari SM di mana nenek moyang kita belajar bagaimana merancang tanda-tanda dan simbol yang dapat dikomunikasikan secara visual apalagi mereka berhasil meninggalkan tanda pada mereka. Pelopor desain grafis tidak lain kemudian nenek moyang kita sendiri yang pernah tinggal di gua-gua dan sketsa gambar mereka di bebatuan.
Sejarah akar desain grafis untuk nenek moyang kita sendiri jaman kuno dimana peradaban dikultur dalam gua dan meninggalkan gambar dan sketsa untuk kita di atas kanvas mereka dinding dan langit-langit gua.
Gambar-gambar paling awal dikenal saat ini berasal dari . tahun yang lalu adalah bahwa batu diukir dan wadah tembikar. Gambar yang terdapat dalam piramida Mesir dengan tanda-tanda simbol dan huruf yang diketahui semua dan membawa kita kembali tahun.
Selain itu – SM evolusi pada bentuk geometris dan struktur di Eropa memainkan peran utama untuk pengembangan merancang dan membuat sketsa. Sebagai seni terapan mengatur gambar dan teks untuk upaya komunikasi visual tangan salinan tertulis dari Alkitab Kristen adalah Kitab Kells diciptakan oleh para biarawan Irlandia di abad ke- dengan ilustrasi yang kaya contoh yang baik dari evolusi grafis desain.
Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg / ema logam pekerja-Jerman dan penemu memperkenalkan teknologi percetakan memungkinkan penggunaan kembali surat individu. Buku pertama yang dihasilkan oleh Gutenberg pers adalah Incunabula. Buku ini menjadi standar dalam sejarah percetakan dan penerbitan buku dan merupakan lompatan raksasa untuk pencetakan dan publikasi meskipun blok stamping pada lembar kertas dengan teks dan tanda-tanda diukir telah digunakan di Eropa dan Asia jauh sebelum abad ke- namun desain grafis dari era ini adalah format dan kami saat ini telah menamakannya Gaya desain grafis Lama.
Era Guttenberg evolusi desain grafis adalah lesu sampai abad ke- di Inggris divisi dibuat antara seni rupa dan seni terapan mendorong evolusi ini dan mereka berhasil menerbitkan beberapa produk yang paling utama desain grafis melalui gerakan Arts. emWilliam Morris / emmade banyak bisnis penerbitan buku-buku dengan cetakan gaya dan menyumbang peran penting untuk menarik potensi pasar serta mengkomersilkan desain grafis di samping itu ia adalah pelopor untuk pemisahan desain komersial dan seni rupa.
Lain pelukis dari abad ke- adalah emPiet Mondrian / emwhose inovasi telah sangat mempengaruhi desainer modern grafis saat ini. Meskipun ia bukan seorang desainer grafis kegunaan nya grid adalah asal dari iklan modern dikenal sebagai sistem grid banyak digunakan oleh desainer grafis abad kita sekarang ini.
Dengan dekadensi gaya klasik desain grafis modern yang asyik awal abad dengan desain yang dipengaruhi oleh seni rupa. Merek dagang font modern awal adalah jenis huruf sans-serif. Pada tahun buku Tipografi Baru yang ditulis oleh emJan Tschichold / em sistematis filosofi tipografi modern.
Selanjutnya ayah dari desain grafis modern masih dianggap typographers seperti Herbert Bayer Laszlo Moholy-Nagy dan El Lissitzky karena mereka membuat terobosan baru pada teknik bangunan tipografi dan stylizing. Teknologi komputer modern telah mengubah produksi tipografi sama sekali tetapi untuk pendekatan eksperimen dan evolusi kontribusi mereka sangat dikenali.
Periode booming dan berkembang untuk desain grafis adalah setelah Perang Dunia II seperti perekonomian Amerika berkembang pesat permintaan desain grafis terutama pada iklan dan sektor kemasan berkembang.
I Love NY promosi iklan dan sebuah poster Bob Dylan terkenal dirancang oleh Milton Glaser adalah contoh dari budaya desain grafis diterapkan dan pengaruhnya. Progresi dalam desain grafis di awal abad ke kebanyakan diminati oleh ekspansi teknologi dalam pencetakan dan juga di fotografi. Tetapi pada pertengahan abad ini peningkatan dari era komputer dalam desain grafis telah menghadapi sedikit mundur sebagai komputer awal adalah jauh lebih lemah dan memori komputer terbatas. Namun dalam akhir abad ini dengan perkembangan yang sangat besar dari komputer dan teknologi yang sesuai desain grafis modern telah berkembang menjadi bisnis yang dilakukan hampir sepenuhnya pada komputer.
Pada pertengahan kedatangan desktop publishing dan peluncuran aplikasi perangkat lunak seperti Illustrator dan PageMaker memperkenalkan era desainer untuk manipulasi gambar komputer dan penciptaan image D. Komputer desain grafis memfasilitasi efek sesaat dari perubahan tata letak atau tipografi.
Saat ini desain grafis komunikasi visual yang dihasilkan di tanah yang kaya tanah komputer dipupuk dengan hardware terbaru dan teknologi perangkat lunak. Desainer grafis di seluruh dunia bajak melalui komputer sarat dengan gadget terbaru dan gizmos perangkat lunak dan perangkat keras akademik dan teknologi informasi dan komunikasi dan menghasilkan sejarah baru dari desain grafis di laboratorium desain mereka.
Dengan elevasi ekspres industri hi-tech masa depan lebih meyakinkan dan desainer hari ini berkontribusi nama mereka dan usaha melalui kreativitas mereka untuk generasi berikutnya. Sejarah belum harus menulis semua halaman nya untuk inovasi baru dan penemuan di bidang ini.
http://desainfotoku.wordpress.com/2012/07/03/sejarah-singkat-desain-grafis/

Nah, udah pada tahu kan? Eits”, ada yang terlewati nih. Hohoi, sejarah udah, tapi kok belom kenal orangnya ya.. Tenang- tenang, sekarang kita simak siapa sih “Si desain grafis”  ini?
Menurut para ahli :
 Menurut Suyanto, Desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
 Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
 Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
 Michael Kroeger, visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition). Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
 Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
Menurut kelompok kami:
1.     Gambar vektor adalah sekumpulan objek yang membentuk garis atau bentuk tertentu, yang dapat didefisinikan secara matematis, diisi warna dan memiliki resolusi bebas, karena jenis gambar ini diperbesar dalam ukuran berapapun tidak terjadi kehilangan ketajaman resolusi.Tersimpan dalam bentuk data geometri yang terdiri dari sejumlah titik dan garis atau kurva yang menghubungkanya.
2.    Gambar bitmap adalah objek grafis yang tersusun atas pixel. setiap pixel atau sering disebut bit dalam objek tersebut memuat infiormasi berupa warna yang akan ditampilkan. Bitmap memiliki resolusi yang tetap dan tidak bisa diperbesar dengan tanpa kehilangan ketajaman resolusinya.

Untuk lebih jelasnya kami akan menunjukkan beberapa contoh gambar vektor dan bitmap. Berikut ini gambar yang kami ambil dari beberapa link di internet, Selamat mengamati J


Contoh gambar vektor 





http://radhityaherman.blogspot.com/2012/03/tema-art-vector-afgan-progam-corel-draw.html

Contoh gambar bitmap 







http://erwinsyah12smanda.blogspot.com/2012/11/contoh-gambar-bitmap-dan-vektor.html



-                    setyowahyudr.blogspot.com 











gimana ? setelah kalian mengamati contoh-contoh gambar diatas, bisakah anda temukan  perbedaan antara gambar vektor dan Bitmap?
Kami akan paparkan beberapa perbedaan antara gambar vektor dan bitmap dalam bentuk tabel yang berhasil kami temukan di Sumber : Buku TIK Kelas XII karangan Rudi Hidayat dkk, Penerbit Arilangga
Vektor
Bitmap
1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar
1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
2. Tersusun oleh garis dan kurva
2. Tersusun atas titik-titik/dot
3. Ukuran File yang dihasilkan kecil
3. Ukuran File yang dihasilkan besar
4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel







Ada beberapa macam aplikasi berbasis vektor dan bitmap. Dari hasil penelusuran kelompok kami, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan secara free (gratis) dan ada juga aplikasi yang dapat digunakan setelah anda membeli aplikasinya.

 Untuk Aplikasi grafis berbasis Vektor :
Software berbayar                   : CorelDraw, Macromedia Freehand, Macromedia Flash
Software gratis              : Inscape

            Untuk aplikasi grafis berbasis Bitmap:
Software berbayar                   :Photoshop, Micromedia Fireworks, dan Photopaint
Software gratis               : GIMP


           Dari beberapa aplikasi diatas, berikut ini adalah kelebihan dari masing-masing aplikasinya.

v  Untuk aplikasi grafis berbasis Vektor (Berbayar)
a.     Kelebihan CorelDraw :
-            Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw tidak akan pecah apabila diperbesar.
-            CorelDraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar.
-            Seleksi layer dalam CorelDraw sangat mudah, sehingga dapat mengedit beberapa layer sekaligus.
-            Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file berukuran besar.

b.    Kelebihan Macro MediaFlash
-          Mudah dipelajari dan dipahami meski tidak dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut.
-          Dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes (bebas) sesuai dengan alur adegan animasi yang diinginkan.
-          Dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan, flash menggunakan animasi dengan berbasis vector  dan juga ukuran file flash yang kecil berdampak tidak dibutuhkannya waktu loading yang lama untuk membuka halaman web tersebut.
-          Menghasilkan file bertipe (ekstensi).FLA yang bersifat fleksibel karena dapat mengkonersikan memjadi file berekstensi .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov



c.    Kelebihan Macromedia Freehand :
-          Bisa menampung 75 halaman ukuran leter untuk pengolahan gambarnya.
-          Tidak memiliki layer

Sedangkan untuk aplikasi grafis berbasis Vektor (gratis)

a.    Kelebihan Inscape
-          Source codenya dibuka, kita bisa memodifikasi sesuai keinginan
-          Hasil gambar vectornya lumayan lebih halus
-          Untuk gradasi dan masking juga lebih soft
-          file hasil nya berexstensi *svg, yang bisa di preview lewat window manager, dan kalau di view gambarnya tidak pecah

v  Untuk aplikasi grafis berbasis Bitmap (Berbayar)
a.    Kelebihan Adobe Photoshop :
-            Lebih familiar dan mudah digunakan dibanding software editing gambar selevel Adobe Photoshop.
-            Fasilitas editing gambar hingga efek variasi gambar lebih lengkap.
-            Bisa menyimpan dalam berbagai format dengan berbagai kualitas gambar beserta resolusi dan ukurannya.
-            Bisa untuk memanipulasi/merekayasa foto
-            Fasilitas efek bisa ditambah.
-            File hasil editan bisa disimpan dalam format JPG dengan kualitas bagus.

b.    Kelebihan Micromedia Fireworks:
-            Kemampuan mengedit berbagai jenis image dalam satu aplikasi.
-            Kemampuan membuat efek animasi pada image
-            Kemampuan mengedit image dan halaman web dalam satu aplikasi.

c.    Kelebihan Corel Photopaint
-          Pengeditan suatu backround bisa di pariasikan seperti apa yang kita inginkan
-          Effectnya juga bermacam-macam






Sedangkan untuk aplikasi grafis berbasis Bitmap (gratis)

a.    Kelebihan  GIMP  (GNU Image Manipulation Program)
-          Memiliki banyak kemampuan dari melakukan penyesuaian foto yang sederhana sampai yang rumit.
-          Bisa digunakan di berbagai platform
-          Bisa membuka banyak jenis file, dari jpeg, gif, png dan tiff.
-          Memiliki banyak plugins dan extension

Tertarik memakai beberapa aplikasi diatas ??
Monggo segera di download J.. berikut link yang bisa dicoba:
Ø  Adobe Photoscape (download here)
Ø  GIMP 2.6 (download here)
Ø  Macromedia Flash ( Macromedia Flash 8 + Keygen)
Ø  Inkscape ( Download Inkscape Disini )
Ø  Macromedia freehand Macromedia FreeHand 11 MX ; Keygen Only )

Oya.. untuk finishing  kami akan memberikan beberapa referensi untuk anda mengenai aplikasi grafis berbasis vektor maupun bitmap yang pernah kami gunakan.

Untuk software vektor :
Kami sering  menggunakan corel draw karena  selain mudah digunakan, fitur yang ada di dalamnya lengkap. Diantaranya yaitu : banyak tools dan effect yang memudahkan pembuatanobjek vector (garis, lengkung, kotak).

Untuk software bitmap :
Kami sering menggunakan Adobe Photoshop karena dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya. Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor.


Written by : Resty Ayu Permatasari

          Ummu Al Khotimah

Categories:

0 comments:

Posting Komentar