Senin, 21 Oktober 2013

Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Posted by Unknown On 19.18

Samsung Galaxy Chat GT-B5330 ini adalah handphone saya  yang ke-4. Sebelumnya saya pernah menggunakan handphone dengan merek Nokia, Asiafone, hingga Samsung Champ. Saya membeli handphone ini pada tanggal 9 Juli 2013. Mengapa saya ingat kapan saya membelinya? Karena di handphone saya ini tertera jelas tanggal awal penggunaan handphone.
Saya menginginkan handphone ini sejak Maret 2013 dan saya harus menunggunya hingga 4 bulan kemudian baru bisa memilikinya. Saya membeli handphone ini di salah satu mall ternama di surabaya yaitu WTC tepatnya di toko “Surya Phone”. Handphone ini saya dapatkan dengan susah payah, saya harus merayu ibu saya terlebih dahulu supaya beliau bersedia memberi saya uang sebesar 1,1 juta rupiah. Samsung Galaxy Chat B5330 ini, saya beli dengan harga Rp 1.090.000, ditambah dengan silikon, memory card 4Gb, dan lensa pelindung kaca sehingga totalnya menjadi Rp 1.160.000.

Berikut ini akan saya tampilkan spesifikasi dari Samsung Galaxy Chat B5330 :
GENERAL

2G Network
GSM 850/ 900/ 1800/ 1900
3G Network
HSDPA 900/ 2100
SIM
Mini-SIM
Announced
2012, Juli
Status
Available. Released 2012, August
BODY
Dimensions
118.9 x 59.3 x 11.7 mm (4.68 x 2.33 x 0.46 in)
Weight
112 g (3.95 oz)
Keyboard
QWERTY
DISPLAY
Type
TFT capaciyive touchscreen, 256K colors
Size
240 x  320 pixels, 3.0 inches(~133 ppi pixel density)
SOUND
Alert types
Vibration; MP3 ringtones
Loudspeaker
Yes
3.5mm jack
Yes
MEMORY
Card slot
microSD, up to 32 GB
Internal
4 GB storage
DATA
GPRS
Yes
EDGE
Yes
Speed
HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLAN
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v3.0 with A2DP
USB
Yes, microUSB v2.0
CAMERA
Primary
2 MP, 1600 x 1200 pixels
Video
Yes, VGA@25fps
Secondary
No
FEATURES
OS
Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich), upgradable to v4.1.2 (Jelly Bean)
CPU
859 MHz
Sensors
Accelerometer, proximity, compass
Messaging
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browsing
HTML
Radio
Stereo FM radio with RDS
GPS
Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java
Yes, via Java MIDP emulator
Colors
White

-          SNS integration
-          MP4/ H.264/H.263 player
-          MP3/WAV/eAAC player
-          Organizer
-          Image/ video editor
-          Document viewer
-          Google Search, Maps, Gmail, Youtube, Calendar, Google Talk, Picasa
-          Voice memo/dial
-          Predictive text input
BATTERY

Li-Ion 1200 mAh battery
Stand-by
Up to 520 h (2G) / Up to 380 h (3G)
Talk time
Up to 14 h 40 min (2G) / up to 5 h (3G)
MISC
SAR US
0.87 W/kg (head)    0.90 W/kg (body)
SAR EU
0.46 W/kg (head)

Samsung Chat GT-B5330 ini sangat membantu saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Handphone ini menurut saya sudah cukup canggih untuk harga yang dibilang lumayan murah. Berikut ini akan saya paparkan beberapa kelebihan dari Samsung Chat GT-B5330:
1.      Adanya tombol fisik QWERTY.
Kelebihan yang menonjol pada Samsung Chat GT-B5330 adalah adanya tombol fisik QWERTY. Tombol ini sangat berharga sekali buat saya karena saya senang melakukan pengertikan secara cepat. Dengan tombol fisik ini saya dapat menghindari kesalahan dalam menekan tombol.
2.      Bobot dan ukuran handphone yang ringan
Bobot handphone yaitu sebesar 112 gram dengan ukuran 118,9 x 59,3 x 11,7 mm , membuat saya mudah untuk membawanya karena pas di kantong dan tidak memakan banyak tempat.
3.      Adanya Wi-Fi Hotspot
Adanya Wi-Fi Hotspot yang selain bisa digunakan untuk mengakses internet via wifi bisa juga digunakan untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang meiliki fitur Wi-Fi
4.      Adanya GPS yang bisa menentukan posisi kita.
5.      Mendukung jaringan 3G HSDPA, sehingga akses internetnya lebih cepat.
6.      Adanya bluetooth versi 3.0 sehingga pengiriman data antar perangkat jarak dekat bisa lebih cepat.
7.      Adanya radio yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau berita dari stasiun radio terdekat.
8.      Adanya Slot microSD yang bisa mengupgrade penyimpanan data hingga 32 GB.
Selain memiliki kelebihan yang tidak dimiliki handphone saya sebelumnya, Samsung Chat GT-B5330 ini juga memiliki kekurangan di antaranya sebabgai berikut:
1.      Prosesor yang digunakan baru 850 MHZ dan RAM.nya hanya 512 Mb
Kurang mampu menjalankan sistem operasi android ice cream sandwich yang cukup berat, namun galaxy Chat ini hanya akan mengalami beberapa lag saja(ngehang).
2.      Kamera yang dibekali hanya 2MP.
Selain hanya 2MP, kamera android chat ini tidak dilengkapi dengan LED flash atau autofokus, sehingga kamera samsung chat ini tergolong dalam kamera yang standart.
3.      Ukuran layar sekitar 3 inci dengan hanya 240 x 320 pixel.
4.      Kapasitas baterai hanya 1200 mAh, sehingga cepat habis.
Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari Samsung Chat GT-B5330. Handphone saya yang satu ini memiliki banyak sekali aplikasi, namun di sini saya akan memaparkan beberapa aplikasi yang saya suka, diantaranya:
A.    Go SMS Pro
Aplikasi ini sangat menarik karena selain digunakan untuk mengirim sms, tampilan user interface SMS-nya bisa diganti sesuai keinginan kita. Selain tampilannya cantik, tersedia banyak fitur menarik pada aplikasi SMS ini diantaranya pop up notifikasi, personal natifikasi, SMS berjadwal, backup dan Restore sms, private Box, filter Box, kemampuan untuk mengirim berbagai file dan masih banyak lagi kegunaan dari aplikasi ini.
B.     Photo Wonder
Aplikasi ini berguna untuk mengedit foto. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kita dapat mengedit foto asli menjadi lebih cerah dari foto sebelumnya. Aplikasi photo wonder ini dilengkapi dengan pengaturan warna natural yang akan membuat tampilan foto editan kita menjadi begitu indah dan alami.
C.     Kingsoft Office
Aplikasi ini berisikan beragam fitur tentang beberapa file seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point hingga PDF.
Dari aplikasi-aplikasi di atas saya menyarankan Kingsoft Office kepada semua  pelajar agar memilikinya karena aplikasi ini sangat bermanfaat selain kegunaan bisa untuk membaca documen dengan format .doc , .xls , .ppt , .pdf, aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah, misalnya tugas yang perlu diketik dalam bentuk dokumen, power point maupun excel.
Cara Penggunaan Kingsoft Office :
            Download aplikasi ini di play store terlebih dahulu. Setelah mengalami penginstalan, buka aplikasi ini. Pada halaman depan aplikasi terdapat 5 menu utama di antaranya open, create, share, remove, dan interactive.  Semua program Word, Excel, Power Point dan Memo terdapat di menu Create – New Document.  Jika kita ingin membuka program microsoft word pilih menu create – new document - blank word. Aplikasi ini memiliki icon – icon yang hampir sama dengan program microsoft office di komputer kita.


By Faza Rahmalita M. (14)
Categories:

0 comments:

Posting Komentar