Selasa, 29 Oktober 2013



Di zaman teknologi sekarang ini dinilai semakin maju karena globalisasi menyebabkan zaman semakin modern contohnya dengan munculnya gadget-gadget canggih yang lebih dikenal dengan nama smartphone. Smartphone bisa diartikan sebagai hndphone yang pintar karena kecanggihannya untuk menyajikan informasi atau yang lainnya.

Untuk terus mengikuti era globalisasi ini maka saya memilih untuk menggunakaSamsung dengan tipe Galaxy S Advance(GT I9070). Saya mn Smartphone ber merk endapatkan ini karena orang tua yang membelikan ini di Plaza Marina, Surabaya.
Alasan saya memilih smartphone ini karena spesifikasinya yang mendukung dengan harga tidak terlalu mahal, berikut saya lampirkan spesifikasi dari Samsung Galaxy Sadvance berdasarkan dengan situs resmi samsung.
Yang pertama dari Displaynya dengan Technology 16M Color SUPER AMOLED Full Touch Display, Resolution 480 x 800pixel, Size: 4". Design Dimension (H x W x D): 123.2 x 63 x 9.69mm, Weight(Berat) 120g, Body Design adalah Curved Design dan disajikan dengan 2 pilihan warna Black and White namun disini saya lebih menggunakan warna hitam. Dengan kapasitas memori User Memory 8GB (RAM: 768MB) dan juga bisa menggunakan External Memory Support MicroSD™ Card (up to 32GB). Kalau Battery sih tergantung cara penggunaannya saja, ini adalah hasil umum penggunaan battery Talk time up to 15Hr (2G), 7Hr (3G) dan dalam posisi Standby Up to 570hrs (2G) / Up to 570hrs (3G).
Band WCDMA (850 / 900 / 1900 / 2100MHz) + GSM (850 / 900 / 1800 / 1900MHz), User Interface, TOUCHWiZ v4.0 User Interface (up to 7 pages widget desktop) dengan Platform Android v2.3 (Gingerbread™). Network and Datanya pun dianggap cukup canggih setara dengan HSDPA 14.4Mbps / HSUPA 5.76Mbps / 3G / EDGE / GPRS Class 12. Processor 1GHz Core Processor. Semakin melengkapi kecanggihan Smartphone ini.
Ini adalah bagian yang paling saya pertimbangkan dianta yang lain yaitu Camera dengan resolusi 5.0 Mega-Pixel Auto Focus Camera with LED Flash dapat menghasilkan gambar yang jernih dilengkapi dengan Front Camera beresolusi 1,3 Mega-pixel. Kita juga bisa mengedit langsung menggunakan camera ini dengan menggunakan Shooting Mode, ada 5 jenis shooting mode adalah Single Shot, Smile Shot, Panorama, Action shot and Cartoon. Dan ada juga Scene Mode diantaranya Portrait, Landscape, Night, Sports, Party/Indoor, Beach/Snow, Sunset, Dawn, Fall color, Firework, Text, Candlelight and Backlight. Effect dantaranya Normal, Negative, Grayscale, and Sepia. White Balance diantaranya Auto, Daylight, Cloudy, Incandescent and Fluorescent .Focus Mode diantaranya Auto Focus, Macro dan yang terakhir adalah Timer. Disini juga disediakan camera untuk video dengan Support Format H.263 / H.264 / MPEG4 / 3GP / AVI / WMV dan Video Recording 1280 x 720 pixel (30 fps).
Yang ketiga adalah Music dan Sound dengan Support Format: MP3 / AAC / ACC+ / e-AAC+ / WMA / WAV / MIDI / OGG / ASF / FLAC/ M4A dilengkapi dengan FM Radio, Music Library, Background Music Play, dan juga 3.5mm Stereo Headset Jack.
Smartphone ini juga dilengakapi dengan Smart Fiture diantaranya Kies Air digunakan untuk memudahkan kita untuk sharing to PC,  All Share™ (Share videos with other devices via DLNA), Voice Talk feature(Car mode), Geo-Tagging, Multi-tasking, dan juga  Polaris Office® (Microsoft Office document view and edit). Input Method juga disediakan dalam smartphone ini misalnya Swype, Hand Writing Recognition, Virtual Qwerty Keyboard (Cangjie and Quick Input).
Untuk soal Connectivity tidak usah ditanya Smartphone ini dilengkapi dengan Bluetooth v3.0 (A2DP / AVRCP), USB 2.0, Wi-Fi: IEEE 802.11 b/g/n and WiFi Direct, GPS(Support A-GPS), dan Mobile AP. Internet tool digunakan untuk mempermudah kita untuk mengakses situs-situs yang ada di internet contohnya Google™ : Search / Voice Search / Gmail / Map / Calendar / Navigation / Latitude / Places / Google Talk, YouTube™ , Online Widget, Exchange Active Sync™, Google Play™, Samsung Apps, Android Brownser™. Hub yang digunakan Social Hub dan Game Hub.
Meskipun telah dilengkapi dengan fitur yang canggih smartphone ini juga mempunyai kekurangan dan kelebihan.
Kelebihan:
1.     Kecepatan internetnya karena sudah menggunakan jaringan 3G.
2.    Kamera dengan kekuatan 5 mp yang mampu menghasilkan resolusi 2592 x 1944 pixels, dilengkapi dengan autofocus,  dan lampu LED flash dan juga kamera depan berkekuatan 1,3 mp yang cukup baik untuk video chat atau video call. Kamera juga mampu melakukan perekaman video HD 720p @ 30fps
3.    Sistem Operasi Android yang bisa diupgrade ke versi terbaru yaitu Jelly Bean
4.    Ada GPS yang bisa menentukan posisi penggunanya
5.    Ada Radio yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau berita pada stasiun radio terdekat
6.    Adanya Wifi HotspoT yang memungkinkan untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki fitur wifi,
7.    Penyimpanan internal yang cukup lebar yaitu 16 GB
8.    Layar yang begitu jernih dengan teknologi Super Moled
9.    Bobot yang cukup ringan yaitu pada 120 gram,
10. Dimensi yang cukup ringkas dan mungil, yaitu pada ukuran 63 x 123 x 9 mm
Kekurangan Samsung Galaxy S advance dibanding ponsel lain saat ini
1.     Belum mendukung fitur NFC , sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan perangkat nirkabel
2.    Kapasitas RAM yang nanggung yaitu 768 MB,
3.    Prosesor dual core yang hanya 1,0 GHz

Aplikasi yang paling sering digunakan:
1.     Line merupakan aplikasi chatting gratis yang menawarkan berbagai fitur unggulan dan menarik seperti sticker,emoticon,attachment,call dan lainnya. Pada Line terdapat fitur Timeline dimana fungsinya menyerupai wall yang terdaat pada Facebook. Anda bias mengupload segala hal yang ingin dipublikasikan atau dibagikan dengan sesame pengguna Line.

2.    Camera 360 telah dikenal sebagai aplikasi kamera yang populer untuk ponsel dan dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terpopuler oleh majalah PC World. Dengan fungsi pengoperasian yang mudah, efek-efek yang sangat menarik, dan tawaran pengalaman pemakaian yang luar biasa bagi penggunanya membuat aplikasi ini dipakai oleh lebih dari 20 ribu orang hanya dalam kurun waktu satu tahun. Selain menyediakan puluhan efek yang menarik, Camera 360 Ultimate juga memiliki antarmuka yang mudah untuk digunakan. Dengan photo processing engine terbaru, proses pengambilan foto dan penambahan efek jadi lebih cepat.
Selain itu, klasifikasi foto yang teratur membuat Anda mudah mengurutkan foto berdasar tanggal, abjad dan folder. Aplikasi ini mendukung pengambilan foto resolusi tinggi baik menggunakan kamera depan maupun belakang (tergantung rresolusi hardware kamera). Versi 3.0 dapat digunakan untuk ponsel Android dengan sitem operasi Foryo 2.2 ke atas. Sedangkan dukungan penggunaan aplikasi untuk kamera depan dapat digunakan pada sistem operasi Froyo 2.3 ke atas

3.    Instagram adalah aplikasi pengolah foto yang saat ini sangat terkenal didunia mobile. Instagram dulunya hanya tersedia pada iPhone, namun sekarang telah diperluas sehingga tidak hanya ada di iPhone, melainkan ada di Android juga. Kamu juga bisa langsung share foto yang telah kamu edit ke beberapa jejaring social seperti : facebook, twitter, dll. Satu fitur menarik di instagram adalah efek-efek kameranya yang menakjubkan.

Aplikasi yang saya sarankan untuk publik adalah Line . Sebelum menggunakan Line anda harus mengisntall dengan cara sebagai berikut:
1. Download aplikasi tersebut dari websitenya.
2. Install aplikasi tersebut ke smartphone.
3. Daftarkan nomor telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena Line menggunakan nomor telepon anda untuk mendaftar anda dalam databasenya.
4. Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan Anda untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah Anda mengkonfirmasi nomor telepon Anda, Anda siap untuk menggunakannya.
5. Aplikasi Line akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukkan siapa-siapa saja yang sudah menggunakan Line.
6. Mulailah perbincangan dengan teman-teman anda yang menggunakan Line dengan mengklik nama tersebut.



Disusun oleh: Dina Ramadhani (XII IPA4/09)

Categories:

0 comments:

Posting Komentar